Wednesday, October 11, 2006,8:38 PM
Kejutan Manis dari Kef
Selasa petang.

Sesuai rencana, petang itu aku dan Kef sepakat akan buka puasa bersama Kris di Cilandak Town Square (Citos). Kebetulan hari itu aku sedangan "cuti" puasa. Biasa, waktunya tamu bulanan berkunjung.

Jam 17 kurang 30 menit, aku sudah tiba di pelataran parkir kantor Kef dibilangan Cawang, Jakarta. Setelah menunggu kira-kira 30 menit, APV "Sepanjang Braga" pun muncul dan kami langsung meluncur di tengah arus lalu-lintas yang padat bukan main menuju tempat yang sudah ditentukan.

Tapi rupanya Kef harus singgah sejenak di Masjid Al Azhar Blok M, karena janjian dengan seorang temannya yang nanti akan juga bergabung buka bersama.

Belum lagi tiba di Al Azhar, azan maghrib keburu berkumandang. Kef terpaksa berbuka dulu dengan aqua dan kue tambang yang gurih empuk.

Sampai di Al Azhar, Kef pamit saat maghrib dan sekalian menemui temannya itu. Sementara aku menunggu di "Sepanjang Braga" . Tak lama kemudian, Kef datang dengan seorang pria muda berkaca mata yang segera dikenalkan kepadaku.

"Anton", kata pria itu. Ranselnya besar, tersandang di punggungnya.
"Endah", aku ganti menyebut nama.
"Nah, Ndah, sekarang silakan keluarkan Les Miserables yang tadi kuminta agar dibawa", Kef berkata yang sudah pasti membuatku terkejut.

Halaaah....ternyata 'temannya' itu adalah Anton Kurnia! Ya ampun...rupanya Kef ingin memberiku kejutan buka puasa :) Sukses, Kef! Kejutan yang menyenangkan. Jadi terjawablah keherananku perihal Les Miserables. Ya, aku sempat bertanya-tanya saja mengapa Kef memintaku membawa novel Victor Hugo itu. Padahal kan ia juga punya.

Anton Kurnia sedang ada di Jakarta dalam rangka menemani Qaisra Shahraz, pengarang novel Perempuan Suci (Mizan, 2006) jalan-jalan setelah acara diskusi buku pada Senin, 9 Okt 2006 yl.
Qaisra Shahraz ini juga sempat hadir di Ubud Festival atau tepatnya seusai Ubud Festival ia diundang Mizan sebagai penerbit novelnya versi Indonesia untuk book tour di Jakarta dan Bandung. Sayang, aku tidak bisa hadir pada acara diskusi tersebut.

Mumpung di Jakarta, diam-diam kedua klan Kurnia ini (Anton dan Effendi) sepakat bertemu. Tadinya, Anton mengajak serta sang istri, namun batal sebab nyonya Anton mendapat tugas menemani Qaisra piknik melihat laut di Jakarta (baca : Ancol).

Pendeknya, kami menghabiskan malam itu berempat yang berakhir di markas Kris di MP Book Point. Ada hadiah menyenangkan dari Anton untuk aku dan Kef : Insomnia, buku kumpulan cerpen karyanya terbitan Jalasutra. Kef malah dapat 2. Satunya lagi : Ensiklopedi Sastra Indonesia.

Sewaktu di MP Book - eh lagi ada diskon ramadhan tuh - aku akhirnya beli Perempuan Suci. Novel itu lalu kutitipkan pada Anton untuk ditandatangani oleh Qaisra Shahraz.

Pada akhirnya, aku harus menghaturkan beribu terima kasih atas kejutan manis dari Kef itu. Terima kasih ya, Kef. Berikutnya, apalagi, eh..maksudku siapa lagi? :)

Salam,
endah sulwesi
 
posted by biru
Permalink ¤